Dinas Kominfo DIY Studi Banding ke BSI UII

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan kunjungan studi banding ke Badan Sistem Informasi (BSI) Universitas Islam Indonesia (UII) pada Selasa 10 September 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang konsep pengelolaan teknologi informasi (TI) di lingkungan perguruan tinggi, khususnya dalam penerapan sistem digital yang terintegrasi.

Dalam kunjungan ini, rombongan dari Dinas Kominfo diterima langsung oleh Kepala Badan Sistem Informasi UII, Dr. Mukhammad Andri Setiawan, Ph.D., beserta jajarannya. Kegiatan ini diisi dengan sesi pemaparan, diskusi, dan peninjauan langsung ruang layanan dan ruang kerja serta melihat langsung situasi kerja yang diterapkan di UII.

Kepala BSI dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Badan Sistem Informasi memiliki 3 peran di UII, peran pertama adalah peran Melayani. BSI adalah pelayan universitas, fakultas, dan program studi (termasuk dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan mitra eksternal). Peran yang kedua adalah Mendampingi, BSI menjadi mitra pimpinan universitas, fakultas, dan program studi. Dan peran yang ketiga adalah Mengakselerasi, dimana BSI berperan sebagai katalis perubahan yang terjadi diuniversitas, fakultas, dan program studi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho S.IP., M.Si, menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Dinas Kominfo untuk memperkuat pengelolaan teknologi informasi di lingkungan pemerintahan, khususnya di lingkungan Dinas Kominfo DIY.

Agenda kunjungan dilanjutkan dengan melihat fasilitas dan kondisi kerja di BSI UII, seperti meninjau ruang Command Center, Data Center, ruang layanan dan ruang development aplikasi.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan terjalin sinergi antara Dinas Kominfo dan UII, serta adanya transfer pengetahuan terkait pengelolaan teknologi informasi yang dapat diimplementasikan di berbagai institusi publik lainnya.