Virtual Private Network UII

Tentang VPN UII

Anda mengalami kesulitan mengakses website UII, Jurnal atau sistem UII melalui jaringan di luar UII walaupun Anda memiliki koneksi yang cepat dan stabil? Gunakan jaringan privat virtual – Virtual Private Network (VPN) sebagai solusinya.

VPN adalah jaringan yang dibangun untuk menghubungkan pengguna jarak jauh  ke jaringan internal (pribadi) yang dimiliki oleh suatu organisasi. VPN mengamankan jaringan pribadi, menggunakan enkripsi, dan mekanisme keamanan lainnya untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses jaringan tersebut. Jenis jaringan ini dirancang untuk menyediakan saluran terenkripsi yang aman untuk mengirim data antara pengguna jarak jauh dan jaringan milik organisasi.

Dengan VPN UII, koneksi Anda akan dikenal sebagai koneksi internal UII, sehingga koneksi lebih aman dan lancar dalam mengakses fasilitas di UII.

EduVPN

eduVPN saat ini merupakan program di bawah Commons Conservancy, sebuah yayasan nirlaba yang berfokus pada proyek sumber terbuka dan gratis. Ini juga merupakan bagian dari proyek GÉANT (GN4-3) yang didanai bersama oleh Uni Eropa.

eduVPN dapat menyediakan akses ke jaringan pribadi di mana pengguna akhir (end user) dapat mengakses sumber daya internal dalam jaringan internal institut, serta menyediakan akses yang melindungi keamanan dan privasi dari jaringan publik dengan menyediakan gateway aman ke jaringan tepercaya.

eduVPN dapat terhubung dengan perangkat apapun seperti macOS, iOS, Android, dan Windows.

Sumber : https://www.eduvpn.org/ & https://www.eduvpn.org/about-eduvpn/ 

Unduh Perangkat Lunak eduVPN

  1. Download aplikasi eduVPN di https://www.eduvpn.org/client-apps/ pilih yang sesuai dengan OS yang digunakan
  2. Install dan tunggu proses instalasi hingga selesai → Install Succesfully → klik close

Panduan penggunaan eduVPN

  1. Jalankan eduVPn client terlebih daluhu
  2. Pilih “Connect to your institutions”
  3. Kemudian cari Universitas Islam Indonesia
  4. Setelah itu pilih “eduVPN UII”
  5. Tunggu status menjadi berwarna hijau dan selesai.

Manual/Tutorial Instalasi dan Penggunaan eduVPN

(download disini)