Single Sign On

Saat ini Badan Sistem Informasi (BSI) telah menggunakan One Account Policy pada semua sistem layanan, sehingga pengguna (mahasiswa/dosen/staf) hanya cukup menggunakan satu akun (akun UII) saja untuk dapat mengakses seluruh fasilitas yang disediakan oleh BSI.

Bagaimana Mendapatkan Akun UII?

Akun UII  diberikan bagi masing-masing mahasiswa, dosen, dan staf selama mereka berstatus aktif kuliah/bekerja di UII. Bagi mahasiswa, akun ini akan diberikan setelah melakukan registrasi akhir dan tercatat resmi sebagai mahasiswa baru UII. Akses login akun UII menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan setelan awal kata kunci (password) yang diinformasikan ke email  masing-masing pengguna. Kata kunci disarankan untuk diubah sesuai preferensi masing-masing mahasiswa melalui UIIGateway.

Sedangkan untuk dosen dan staf, akun UII diberikan dengan menggunakan akses login Nomor Induk Karyawan (NIK) dan setelan awal kata kunci yang akan diinformasikan oleh BSI dan nantinya dapat diubah sesuai keinginan masing-masing pengguna.

Melakukan Reset Kata Kunci Akun UII

Karena UII menggunakan One Account Policy, dimana seluruh login pada fasilitas yang kami sediakan adalah sama, yaitu menggunakan kata kunci (password) Akun UII. Penggantian password melalui UIIGateway akan berpengaruh pada password dari fasilitas lain yang kami sediakan seperti Gmail UII, Klasiber, UIIConnect dan Eduroam dan layanan sistem lainnya

Proses penggantian atau set ulang password Akun UII sangatlah mudah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Lupa password
    • Bagi user yang lupa password akun SSO UII, langkah awal yang dilakukan adalah dengan mengklik tombol “lupa kata sandi” dihalaman awal login UIIGateway.
    • selanjutnya isikan NIM/NIK di kolom isian “Akun SSO Anda”

    • klik tombol “Reset Password”
    • Buka WA dan lihat kiriman OTP dari ITSupport BSI

    • Masukkan OTP dikolom isian OTP pada halaman awal UIIGateway, lanjutkan dengan klik tombol “Verify OTP”

  • Jika OTP yang dimasukkan benar, maka anda akan berhasil login ke dalam akun UIIGateway
Reset password

  • Setelah berhasil Login silakan klik pada icon profile dibagian kanan atas halaman utama UIIGateway

  • lalu pilih menu Akun saya, setelah berhasil akan tampil halaman Profile User. Selanjutnya klik Tab Pengaturan

  • Ditampilan pengaturan, isikan password lama dan isikan password baru yang diinginkan. Password harus memenuhi beberapa ketentuan yaitu: Password harus berupa kombinasi dari huruf abjad dan angka, dengan minimal satu huruf besar atau simbol 

  • Berikut adalah pesan-pesan yang muncul ketika gagal mengganti password dan solusinya.
    • Password salah : salah memasukkan password lama.
    • Password harus kombinasi dari huruf abjad dan angka, dengan minimal satu huruf besar atau simbol : password baru belum memenuhi syarat yang tertera pada halaman penggantian password.
    • Password baru tidak sama : pengetikan password baru berbeda antara kolom atas dan bawah.