Sekilas Tentang BSI

Kerja Badan Sistem Informasi (BSI) didukung oleh sumber daya manusia profesional yang terdiri dari para analis, programmer, engineer, dan konsultan di bidang sistem dan teknologi informasi

Untuk memenangkan persaingan masa depan, Universitas Islam Indonesia (UII), tidak mempunyai pilihan lain kecuali mengembangkan kapasitasnya secara konsisten. Pengembangan kapasitas ini juga menyangkut layanan sistem dan teknologi informasi.

BSI secara umum bertugas mengawal perencanaan, pengembangan, operasi, serta layanan sistem dan teknologi informasi di lingkungan UII dengan jumlah pengguna yang mencapai kurang lebih 30.000 pengguna yang terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan para pemangku kepentingan lainnya.

BSI merumuskan tiga peran yang dimainkan dalam menjalankan tugasnya, yaitu melayani, mendampingi, dan mengakselerasi. Ketiga peran ini dimainkan oleh BSI dengan mempertimbangkan konteks aktivitas atau masalah yang terjadi.

  • BSI Melayani

    BSI adalah pelayan universitas, fakultas, dan program studi, termasuk dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan mitra eksternal. BSI akan berperan sebagai pelayan terkait dengan layanan yang selama ini sudah ada, seperti koneksi Internet dan ketersediaan beragam sistem informasi pendukung proses bisnis.

  • BSI Mendampingi

    BSI menjadi mitra pimpinan universitas, fakultas, dan program studi. BSI berperan sebagai mitra ketika diminta menjadi “sahabat” diskusi terkait dengan beragam hal yang terkait dengan sistem dan teknologi informasi. Peran ini terkait dengan pengembangan layanan yang belum ada.

  • BSI Mengakselerasi

    BSI berperan sebagai katalis perubahan yang terjadi universitas, fakultas, dan program studi. BSI berperan sebagai katalis, dalam konteks, kesadaran akan potensi sistem dan teknologi informasi yang telah ada di pasaran atau sudah terpasang dapat dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung proses bisnis di UII. Hasil kajian dan pemindaian lingkungan eksternal akan banyak memberi warna dalam memainkan peran ini.