Aktivasi & Reset Akun UII

Saat ini Badan Sistem Informasi (BSI) telah menggunakan One Account Policy pada semua sistem layanan, sehingga pengguna (mahasiswa/dosen/staf) hanya cukup menggunakan satu akun (UNISYS) saja untuk dapat mengakses seluruh fasilitas yang disediakan oleh BSI.

Bagaimana Mendapatkan Akun UII?

Akun UII (UNISYS) diberikan bagi masing-masing mahasiswa, dosen, dan staf selama mereka berstatus aktif kuliah/bekerja di UII. Bagi mahasiswa, akun ini akan diberikan setelah melakukan registrasi akhir dan tercatat resmi sebagai mahasiswa baru UII. Akses login akun UII menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan setelan awal kata kunci menggunakan NIU (nomor induk utama) diikuti tanggal lahir  (format penulisan ddmmyyyy) dari masing-masing pengguna. Kata kunci disarankan untuk diubah sesuai preferensi masing-masing mahasiswa melalui UNISYS.

Sedangkan untuk dosen dan staf, akun UII diberikan dengan menggunakan akses login Nomor Induk Karyawan (NIK) dan setelan awal kata kunci yang akan diinformasikan oleh BSI dan nantinya dapat diubah sesuai keinginan masing-masing pengguna.

Melakukan Reset Kata Kunci Akun UII

Karena UII menggunakan One Account Policy, dimana seluruh login pada fasilitas yang kami sediakan adalah sama, yaitu menggunakan kata kunci (password) UNISYS. Penggantian password melalui UNISYS akan berpengaruh pada password dari fasilitas lain yang kami sediakan seperti Gmail UII, Klasiber, UIIConnect dan Eduroam.

Proses penggantian atau set ulang password UNISYS sangatlah mudah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Login ke UNISYS terlebih dahulu, akses unisys.uii.ac.id, masukkan User ID dan Password lalu klik “Login”

  • Setelah berhasil Login silakan pilih menu “System”

  • Pada menu “Sistem” silakan pilih “ganti password”, masukkan password lama(yang saat ini digunakan untuk login) dan isikan password baru sesuai dengan ketentuan yang tersedia pada halaman tersebut dan klik “Submit”

  • Jika berhasil maka akan muncul pesan seperti berikut

  • Berikut adalah pesan-pesan yang muncul ketika gagal mengganti password dan solusinya.
    • Password salah : salah memasukkan password lama.
    • Password belum memenuhi ketentuan : password baru belum memenuhi syarat yang tertera pada halaman penggantian password.
    • Password baru tidak sama : pengetikan password baru berbeda antara kolom atas dan bawah.
    • Gagal aktivasi akun tunggal : silakan langsung email ke [email protected] sertakan data lengkap Anda untuk diproses.